Pages

Minggu, November 18, 2012

Mail Server dan WEB Server

Pada siang yang terik ini saya akan berbagi tentang Mail server dan Web server. Kebanyakan orang memang belum paham dengan Mail dan Web server termasuk saya juga, hehehe. Maka dari itu saya akan berbagi artikel ini agar anda juga bisa sedikit mengerti tentang Mail server dan Web server. Langsung aja, Check It Out.


Mail Server
     Mail server adalah aplikasi yang digunakan untuk mengirimkan email. Sesuai dengan namanya Mail server yang merupakan pusat kendali email, senantiasa menerima pesan dari email pelayan yang berasal dari client/bahkan dari server email lainnya.
     Mail server biasanya dikelola oleh seseorang yang dipanggil "Postmaster". Postmaster bertugas untuk mengelola akun, memonitor kinerja server, dan tugas administratif lainnya. Proses pengiriman email melalui tahapan yang sedikit panjang. Saat email dikirim maka email tersebut disimpan padan main server menjadi suatu file berdasarkan tujuan email. File ini berisi info sumber dan tujuan, serta dilengkapi tanggal dan waktu pengiriman. Pada saat user membaca email berarti user telah mengakses server email dan membaca file yang tersimpan dalam server yang ditampilkan melalui browser Web.

Cara Kerja
     Pada mail server terdapat 2 server yang berbeda yaitu "incoming" dan "outgoing" server. Server yang biasanya menangani outgoing email adalah SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) pada port 25, sedangkan untuk menangani incoming email yaitu POP3 (Post Office Protocol) pada port 110. Saat email dikirim maka akan langsung ditangani oleh SMTP server yang akan dikirim ke SMTP tujuan, baik secara langsung maupun melalui beberapa SMTP server yang ada pada jalur tujuannya. Apabila email terkirim maka akan masuk pada POP3 server/IMAP server. Jika menggunakan POP3 server user akan membaca file pesan maka komputer user akan mendownload file pesan dari server kepada komputer user. Sehingga user dapat membaca pesan yang telah didownload tersebut. Berbeda dengan IMAP server yang membatalkan email pada server sehingga dapat dibuka kembali pada device yang berbeda.


Web Server
     Fungsi utama sebuah server Web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protocol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman Web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya. Pemanfaatan server Web berfungsi pula untuk mentransfer  seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman Web yang terkait, termasuk didalamnya tels, gambar, video, dan lainnya.
     Saat ini umumnya server WEB telah dilengkapi pula dengan mesin penerjemah bahasa skrip yang memungkinkan server Web menyediakan layanan situs Web yang dinamis dengan memanfaatkan pustaka tambahan seperti PHP, ASP.

Sejarah
     Tahun 1989, Tim Berbers-Lee mengajukan pada perusahaannya, CERN (European Organization for Nuclear Research) sebuah proyek yang bertujuan untuk mempermudah pertukaran informasi antar para peneliti dengan menggunakan sistem hyperteks. Sebagai hasil atas Implementasi proyek ini, tahun 1989 Berners-Lee menulis dua program komputer.
     Dari tahun 1991 hingga 1994,kesederhanaan serta efektifitas atas teknologi yang digunakan untuk berkunjung serta bertukar data melalui Waring Wera Wanua membuat kedua aplikasi tersebut diadopsi pada sejumlah sistem operasi agar dapat digunakan oleh lebih banyak individu, ataupun kelompok. Awalnya adalah organisasi penelitian, kemudian berkembang dan digunakan di lingkungan pendidikan tinggi, dan akhirnya digunakan dalam industri bisnis.
     Tahun 1994, Tim Berners-Lee memutuskan untuk membakukan organisasi World Wide Web Consurtium (W3C) untuk mengatur pengembangan-pngembangan lanjut atas teknologi-teknologi terkait lainnya (HTTP, HTML, dll) melalui proses standarisasi.


Sekian sedikit informasi dari saya. Semoga bisa membantu anda.
Hargai karya orang lain dengan mengikut sertakan link diatas apabila anda ingin copas, karena artikel ini bukan hasil copas. Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar